Blog ini berisi informasi seputar cara dan tips investasi emas yang benar

Coba Demo Account

3 Konsep Penting Tren Trading Emas yang Wajib Diketahui

CARA MUDAH MENENTUKAN TREN DI TRADING EMAS ANDA

Sobat traders, dalam bisnis trading emas, ada banyak konsep trading yang harus anda pahami. Walaupun terkadang tidak semua konsep, strategi, dan trik trading emas tersebut digunakan, namun wajib hukumnya bagi anda untuk tahu komponen trading tersebut. Nah, pada pembahasan kali ini saya akan mengajak anda mengenal dan mengupas secara mendalam tren dalam investasi emas online (trading emas)


DEFINISI TREN


Tren adalah kecenderungan harga yang bergerak searah. Walaupun bukan jadi hal yang paling penting dan mendasar, namun jika kita tidak mempelajari tren, investasi emas online Anda akan dalam bahaya. Salah satu akibatnya anda akan terkena LOSS. wah serem ya. Jadi ketika tren naik anda melakukan sell dan ketika tren turun Anda melakukan buy. Seringkali traders frustasi dengan keadaan seperti ini dan tak jarang menyalahkan traders, padahal letak kesalahan ada di traders itu sendiri karena tidak mempelajari tren dengan baik. Tren sendiri terbagi mejadi 3, yaitu :

  • Tren Naik (Bullish)
  • Tren Turun (Bearish)
  • Sideways (Tidak Ada Tren) 
Nah Kalo kita bicara soal tren, secara otomatis kita juga bicara soal waktu. Misalkan XAU/USD naik. Tapi kita juga harus menyertakan waktu, karena time frame tren bisa berbeda-beda, ada yang per menit bahkan ada juga yang per bulan. Tren ini tidak hanya terjadi di investasi emas online saja, namun ada juga di beberapa sektor bisnis real.

(lihat juga video ini)

CARA MENENTUKAN TREN


1. Kasat Mata
Menentukan tren bisa dilakukan secara kasat mata tetapi biasakan melihat time frame yang paling besar. Terutama jika sedang memasuki awal waktu, seperti awal bulan, awal, minggu, dan awal hari. anda akan bisa melihat arah pergerakan tren apakah bullish, bearish, atau sideways. 

2. Gunakan Trendline 
Cara kedua yaitu menggunakan trendline. Untuk menarik trendline uptrend tarik garis dari dua titik low ke low. Untuk downtrend tarik garis dari dua titik high ke high. Mungkin dari anda atau traders ada yang masih kurang paham cara menarik garis maka tak heran jika tarders yang kebingungan tidak menggunakan trendline. Namun sebenarnya cara penarikan garisnya bebas asalkan hasil akhirnya bisa dilihat apakah garisnya naik atau turun. Selain untuk mengetahui tren, garis trendline juga bisa digunakan untuk menentukan support dan ressistance. 

3. Gunakan Indikator
Anda juga bisa menentukan tren dengan menggunakan indikator. Cari indikator yang sifatnya tren. Cara mencari indikator di meta trader cukup mudah. klik insert, pilih indikator, nanti akan langsung ada banyak pilihan indikator yang bisa anda coba. Indikator yang bersifat tren ada beberapa macam yaitu, ichimoku, moving average, bollinger, dll. (saya sebutkan yang umum saja).  Untuk indikator, pada dasarnya semua indikator baik. Jadi gunakan indikator yang bisa Anda pahami.

Itulah penjelasan mengenai tren yang mungkin bisa jadi salah satu bahan untuk belajar trading emas. Jika anda sudah bisa melihat dan menentukan tren, niscaya keberuntungan akan menghampiri anda. TAPI harus dibarengi dengan disiplin trading dan harus jeli melihat pergerakan harga yah. Nah, biar belajar anda makin mantep tentu harus ada prakteknya. Saran saya coba gunakan demo account untuk hasil yang lebih maksimal. Lewat demo account anda juga bisa praktek langsung menggunakan trendline dan indikator. 
Selamat Mencoba

Salam Profit


Labels: belajar trading, cara trading emas, investasi emas

Thanks for reading 3 Konsep Penting Tren Trading Emas yang Wajib Diketahui. Please share...!

0 Comment for "3 Konsep Penting Tren Trading Emas yang Wajib Diketahui"

Back To Top