Blog ini berisi informasi seputar cara dan tips investasi emas yang benar

Coba Demo Account

4 Jurus Jitu Mengelola Dana Trading Emas Anda

MENGELOLA DANA TRADING DENGAN MANAJEMEN RESIKO


Sobat trader, investasi emas online (trading emas) terkadang tidak menjadi pilihan instrumen bisnis bagi sebagian masyarakat dikarenakan butuh modal yang tidak sedikit. Padahal investasi emas tidak membutuhkan modal banyak seperti yang di perkirakan khalayak ramai sebelumnya. Selain itu emas juga merupakan bentuk investasi yang menguntungkan karena harganya yang cenderung mengalami kenaikan dari masa ke masa. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan trik trading emas yang erat kaitannya dengan money management, yaitu cara mudah mengelola dana trading emas Anda. Tidak perlu takut untuk melakukan trading komoditi emas, karena seminimal apapun dana yang dimiliki, jika Anda bisa mengelola dana tersebut Anda akan bebas dari Margin Call. Nah ini dia tips nya untuk Anda. 


Manajemen Resiko


Manajemen resiko merupakan proses analisa dan mengambil tindakan untuk menghadapi ketidakpastian hasil transaksi. Terkadang banyak trader yang ingin masuk posisi namun tidak melihat modal dan memperhatikan resiko. Ketika pihak broker menginformasikan sinyal masuk atau pun peluang, Anda harus dengan sigap memberi filter dan menimbang-nimbang dana Anda. Jika dana yang Anda punya dirasa cukup untuk masuk posisi dan siap menanggung resikonya, tidak ada salahnya Anda entri posisi. Anda harus ingat bahwa resiko setiap trader berbeda-beda. Jadi jangan samakan manajemen resiko trading Anda dengan rekan sesama trader. 

Ada 3 jenis resiko dalam trading : 

1. Resiko Trading 
Jumlah dana yang ingin di jadikan resiko atau di resiko kan. 
Contoh, Anda punya dana $1000, dari dana tersebut Anda harus mengambil sedikit dari jumlah dana untuk di resiko kan. Semisal $4000, nah jika Anda menganggap trading adalah sebuah bisnis dan katakanlah Anda rugi maka jumlah kerugian Anda sama dengan $4000. Jadi sisa dana Anda masih aman.  

2. Resiko Transaksi 
Jumlah dana yang ingin anda resiko kan / transaksi nya. 
Ketika Anda meresikokan sejumlah dana, contoh $10000. Lalu Anda ingin meresikokan $5000 berarti setengahnya lagi modal yang akan Anda gunakan. Nah yang $5000 nya lagi bisa Anda jadikan beberapa transaksi. Dan yang harus Anda ingat, berkomitmen lah dengan manajemen resiko Anda agar trading Anda optimal. 

3.Resiko Pasar
Berbeda dengan 2 resiko sebelumnya, resiko pasar cenderung sulit diatur karena situasi pasar yang berbeda-beda seperti adanya perubahan harga dan volatilitas. 


Riskt to Reward Ratio


Nah ini merupakan bagian dari money management yang penting dan tidak bisa dilewatkan. Risk to Reward Ratio adalah cara untuk meningkatkan peluang keuntungan dengan melakukan transaksi ketika potensi keuntungannya lebih besar daripada resikonya. 
Contoh, jika potensi keuntungannya 3 kali lebih besar daripada resikonya, berarti rasionya yaitu 3:1. Risk to Reward Ratio bisa Anda atur sesuai dengan kemampuan Anda. 


(Sumber : pinterest.com)

Tools Manajemen Resiko


Ada 4 tools manajemen resiko, yaitu :

1. Cut loss 
2. Switching
3. Hedging
4. Cost Averaging

Sebenarnya ada beberapa tools lagi namun 4 tools diatas merupakan tools sederhana dan sudah umum digunakan. Nah, jadi kesimpulannya penggunaan manajemen resiko sangat penting dan berpengaruh besar terhadap modal Anda karena bisnis trading penuh dengan resiko. Berapapun jumlah dana Anda jika manajemen resiko selalu digunakan maka dana Anda akan aman. Untuk Anda yang masih belajar trading emas dan mau menerapkan manajemen resiko, Coba dulu demo account dan pergunakan manajemen resiko yang sudah Anda buat. Mau trading lebih praktis ? Bisa juga Anda coba tradeworks, sebuah tool trading yang bisa mengotomatisasi sistem trading Anda sehingga trading Anda lebih mudah dan makin optimal. 
Selamat Mencoba 

Salam profit







Labels: cara trading emas, investasi emas, money management, strategi profit, tips dan trik

Thanks for reading 4 Jurus Jitu Mengelola Dana Trading Emas Anda . Please share...!

0 Comment for "4 Jurus Jitu Mengelola Dana Trading Emas Anda "

Back To Top